Tuesday, October 5, 2010

Tips nanjak, intinya: EMOSI - harus di atur biar connect sama Ratio

 
Mountain_biking_uphill Oms, berikut ini master nanjak C3 : Om Toto Purwanto share ilmunya utk wadyabala C3
Saya coba ambil yang umum-nya aja ya Om ;)
Artinya :
Ke.1 Bisa karena biasa, pada awal jangan terlalu memaksakan Emosi sementara kita tidak memperhitungkan pada Kemampuan, awal-awal juga saya kepayahan tapi 2-3 kali dicoba bisa dilalui tanpa hambatan.
Ke.2 Perangkat pendukung juga diperlukan, tungangan HT lebih recommended, sepatu clit juga banyak membantu untuk kinerja otot supaya maximal (mengurangi terjadinya KRAM) sepeda gak perlu banyak accesories dan gak perlu mahal ;)))
ke.3 Jangan meng-gayuh sepeda langsung dengan kekuatan penuh, ingat semakin tinggi tanjakan semakin berat beban kaki kita untuk meng-gayuh sepeda, lakukan selangsam mungkin untuk meng-gayuh sepeda, jangan langsung menghabiskan gir terendah, sisakan 1 gir untuk spare disaat rute masih panjang dan kita masih punya sisa tenaga untuk menggunakan gir tersebut. 
Ke.4 biasa-nya kita selalu terpangaruh pada teman untuk tidak turun pedal, itu yang terjadi dan akhirnya bukan cuma turun dari pedal tapi justru lemah lunglai, berhenti sejenak lebih baik dari TTB, biarkan jantung kita berdekup senormal mungkin kemudian lanjutkan perjalanan, 1-2-3 kali kita coba pasti bisa tidak turun dari pedal (pertanyaan-nya mau seberapa jauh kita tempuh untuk bisa membuktikan kita mampu gak turun dari pedal wuekekekekek.... apa itu perlu???).
Ke.5 Untuk menakluk-kan Tanjakan bukan berarti gak turun dari pedal, tapi bagaimana kita bisa mengatur nafas dan jantung.
Hentikan meng-gayuh sepeda saat kuping terasa berdekup (maaf terasa agak budek dan nguap terasa ngantuk ).
Hentikan meng-gayuh sepeda saat dada tersasa panas.
Hentikan meng-gayuh sepeda saat bagian paha teresa bergetar dan sedikit kaku.
Ke.6 Jangan pernah memaksakan kehendak, Insya Allah kita pulang dengan selamat. 
Salam,
BH-nya TT

1 comment:

Halo Gowesers! silahkan berkomentar di sini, kami tunggu komentar dan tanggapannya atas kisah/update/posting/cerita di atas