Sunday, August 29, 2010

JALUR MTB PUNCAK

Jalur MTB Puncak adalah jalur sepeda gunung (MTB) Off Road All Mountain (AM) yang bersifat teknikal-adventure dengan tingkat kesulitan sedang - berat. Jalur MTB Puncak umumnya terbagi menjadi Jalur RA (Rindu Alam), Jalur TW (Telaga Warna) dsb.

PILIHAN JALUR TW
Memang banyak jalur dan persimpangan di sini, kesasar tapi pemandangan cihuy buanget...lebih baik berjalan bersama dengan yang sudah pernah, dan lebih banyak beristirahat untuk penyesuaian pernapasan di ketinggian kecuali bagi yang sudah sering menggowes di jalur ini.

Jalur DH Wisata hahahihi (H4) + RA (mix)
Start - Pos Telaga Warna - Saung Seng Pertama - Tower - melipir kanan - Hutan - kebun Teh - ambil kanan - melipir antara kebunteh dan tebing hutan - masukl kanan - terowongan semak2 - hutan pinus - dropoff - jembatan - ambil jalur ke bawah - aspal - Pabrik Teh Ciliwung - Aspal - gunung mas - pilihan jalur RA...
Lama perjalanan 3 - 4 jam

Jalur TW-0
bisa ke kiri langsung Kebun Organik Bu Tita - pertigaan Citamiang/Ciburial
bisa ke kanan - Saung Seng - atas Gubuk Mang Ade(TW1) - kali - hutan - pertigaan Citamiang/Ciburial-
Aspal - Batu Kasur - Cilember - Pesantren - Mega Mendung - Cinangka (Polsek Cisarua) - Kabandungan - Rainbow - Pasir Angin - Gadog / Rest Area Ciawi.
Lama perjalanan 3 - 4 jam
untuk pemula dan XC

Jalur TW-1
Start - Pos Telaga Warna - Saung Seng Pertama - bisa lurus ke Tower/ belok kanan naik - Limasan Madura/Jawa - Danau Asat/Gedung Lima Cibelao - SD Cikoneng - ke kanan - lewat single treck di kebun teh - Gubuk Mang Ade(TW1) - HUTAN PINUS - tanahnya ABOT - pager - lewat kiri...turun kali - aspal - Cokro/Ciburial - Batu kasur - Cilember - Pesantren - Mega Mendung - Cinangka (Polsek Cisarua) - kabandungan - Rainbow - Pasir Angin - Gadog / Rest Area Ciawi.
Lama perjalan 3 - 4 jam
untuk XC - DH - AM

Jalur TW-2
Start - Pos Telaga Warna - Saung Seng Pertama - bisa lurus ke Tower/ belok kanan naik - Limasan Madura/Jawa - Danau Asat/Gedung Lima Cibelao - SD Cikoneng - ke kanan - lewat single treck di kebun Teh - ada 3 jalur - keatas via LC - Rw Gedeh - Mesjid - kandang kambing - hutan - dropoff batu - turunan setan - Agricon/Curug Kembar - Batu Kasur - Cilember - Pesantren - Mega Mendung - Cinangka (Polsek Cisarua) - kabandungan - Rainbow - Pasir Angin - Gadog / Rest Area Ciawi.

Jalur MIX TW adalah penggabungan dengan jalur RA

PILIHAN JALUR RA
Jalur Kondangan
Start - Paralayang - bak kontrol - gunung mas - taman safari (pitstop) - ngehe setengah belok kanan - citeko - pasir muncang - gadog
Lama perjalanan 3-4 jam.
Cocok untuk pemula & MTB-er yg ada acara sore harinya

Jalur Klasik
Start - Paralayang - Bak kontrol - gunung mas - taman safari (pitstop) - ngehe satu - ngehe dua - pos pendakian - piramid - pasir muncang - gadog
Lama perjalanan 4-5 jam.
Jalur yg dirintis tahun 2003 oleh Om DP dkk. Kalau tidak kuat nanjak, tersedia jasa ojek...:D

Jalur komplit
Start - Paralayang - Bak kontrol - gunung mas - ngehe nol - taman safari (pitstop) - ngehe satu - ngehe dua - pos pendakian - piramid - pasir muncang - gadog.
Lama perjalanan 5 - 6 jam. Ultimate test of endurance & skill!

Jalur Mini DH Citeko
Dari Ngehe 2 – turunan rusak – turunan Toto – ketemu pertigaan ambil yg lurus – tembus di pohon beringin jalur kondangan – ambil jalur kanan pohon (DH Tangga) – kelurahan Citeko – tembus jalan alternative puncak – bias terus ambil jalan aspal atau motong jalur yg langsung tembus warung walls ga jauh dari sederhana gadog.

TRACK RULEZ!!!
SAFETY - SAFETY - SAFETY! Berhenti & tuntun jika ragu-ragu di turunan. Pakai body protector anda! Perhatikan denyut jantung pada saat melahap tanjakan ngehe. Jangan sampai over train!

SHARE THE TRACK! Bersikap ramah pada pengguna trek lainnya, terutama pejalan kaki. Kurangi kecepatan hingga 10 km/jam jika berpapasan dengan pejalan kaki terutama disekitar kawasan wisata Gunung Mas. RA Track melewati beberapa pemukiman & perkampungan, hormatilah penduduk setempat. Hati-hati terhadap anak kecil yg menyeberang!

JANGAN NGEBUT! Terutama di turunan aspal antara Gunung Mas - Taman Safari & Pasir Muncang. Sudah banyak kecelakaan akibat ngebut dan hilang kendali. Pelihara hubungan dengan masyarakat sekitar Track.

PELIHARA LINGKUNGAN JALUR RA! Dilarang membuang sampah & merusak flora-fauna.
STAY IN GROUP! Hindari masuk Track sendirian. Tentukan Group Leader yang paling berpengalaman. Jangan tinggalkan teman satu rombongan anda!

ENTER AT YOUR OWN RISK!! Berbagai bentuk kecelakaan baik ringan hingga berat pernah terjadi di Jalur ini. Sebagian besar akibat dari: ketidak-siapan MTB-er maupun sepedanya. Ingatlah bahwa setiap kecelakaan yang terjadi adalah resiko anda! Jadi harap ekstra hati-hati!

PERSIAPAN SEBELUM MASUK TREK
Safety Gear: Helm, body protector, sarung tangan, goggle, sepatu.

Spare & Tool kit: Ban dalam cadangan, pompa, kunci lipat, kunci penyambung rantai

P3K: terutama Betadine spray/solution, salep counterpain, minyak tawon (sering terjadi insiden disengat tawon, terutama di Ngehe Dua)

Makanan kecil & minuman: Bisa dibeli di tempat start, Pabrik Teh Gunung Mas, gerbang Taman Safari. Setelah itu tidak ada warung sampai Pasir Muncang.

Sepeda MTB anda harus dalam kondisi prima. Ban dengan profil kasar & ukuran telapak minimum 1.9”, kanvas rem (brake pad) masih cukup tebal. Untuk pengguna V-brake, disarankan membawa brake pad cadangan.

Usahakan selalu membawa jas hujan lipat & kantong plastik untuk HP, dompet, kunci mobil dsb, supaya tidak basah ketika hujan.

TIPS & TRICK: TURUNAN
TURUNAN!!
Jika anda ragu, STOP! Berhenti, turun dari sepeda dan pelajari kontur turunan dengan seksama. Lihat bagaimana rekan anda menaklukkan turunan tersebut, dan jika anda merasa tidak sanggup, lebih baik sepeda dituntun saja.
Jika anda memutuskan untuk terus, ambil posisi “under rotation”: Buang badan anda kebelakang sejauh2nya seperti gambar berikut ini. Posisi ini akan menghindarkan anda dari kemungkinan terjungkal & menambah traksi ban belakang.
START SLOW! Di awal turunan, kurangi kecepatan anda.

CONTROL YOUR BRAKE! Pergunakan rem BELAKANG untuk mengendalikan laju sepeda anda. Jangan sampai roda terkunci (selip) akibat terlalu keras menekan tuas rem. Ini hanya menyebabkan sepeda makin tidak terkendali.
Pergunakan REM DEPAN dengan hati-hati! Rem depan berfungsi untuk menghentikan laju sepeda anda. Tapi jika posisi badan anda salah (terlalu kedepan), ada kemungkinan anda terlempar /terjungkal. Jika rem depan terkunci, ban depan akan selip/kehilangan traksi.
Latih refleks anda agar setiap pengereman mendadak selalu menggunakan rem belakang terlebih dahulu, serta membuang badan ke belakang.

TANJAKAN:
Perhatikan ritme anda saat melahap tanjakan. Karakter tanjakan di RA Track kebanyakan adalah tanjakan panjang. Apabila anda terlalu cepat diawal, ada kemungkinan anda akan kehabisan tenaga ditengah tanjakan.
Untuk MTB-er pemula berumur diatas 40 thn, sangat disarankan menggunakan Heart Rate Monitor, dan jangan terpacu untuk mengikuti MTB-er di depan anda. Berhenti dan istirahat jika detak jantung sudah terasa terlalu cepat (rumus max heart rate HRmax = 220 − UMUR). Jika anda melampaui detak jantung maksimum, resikonya adalah GAGAL JANTUNG!

SINGLE TRACK BAK KONTROL
Single Track Bak Kontrol adalah jalur sempit yang diapit oleh saluran air di sebelah kiri dan jurang di sebelah kanan anda. Setiap beberapa puluh meter akan anda jumpai Bak Kontrol semen terbuka yang berukuran sekitar 1 x 1 m dengan kedalaman sekitar 50 cm di sebelah kiri anda.

PERIKSA TEKANAN BAN
Disarankan untuk mengurangi tekanan ban hingga sekitar 20% dari yang biasa anda gunakan dijalur tanah keras atau jalan raya.

HATI-HATI JEBAKAN JALUR AIR
Apabila ban masuk ke jalur air/kubangan/ bekas roda mobil, jangan terburu-buru pindah jalur. Cari bagian yang paling landai untuk menghindari ban depan selip.

TELPON YANG BISA DIHUBUNGI PADA SITUASI DARURAT:
Kang Maman Angkot (untuk evakuasi): 0852-219-652- 93
Bang Teddy Cisarua (Jeep 4x4): 08787-0010-456
Rumah Sakit Paru Cisarua telp. 0251-253630

by HPW
(disadur dari link ini: Facebook Group CCC)