Thursday, July 15, 2010

Trip Bodogol – Lido I Bersama Om Sigit

    Lokasi                         : Lido – Hutan Konservasi Bodogol 
    Ketinggian                   : Start and finish ± 700m dpl, Peak 1,500 m dpl (kantor Balai Konservasi). 
    Jarak                           : 17.5 km Profil 
    Track                          : 50% uphill : 50% downhill - 50% aspal/beton/ con block : 50% jalan tanah/batu/macadam Level 
    kesulitan                      : Skala 1- 10 à 8.5, sangat menantang, peserta sebaiknya yg sudah cukup jam gowesnya, agar tidak kaget melihat trek yg cukup teknikal. 
    Tim explorer                : @ C3: Om Sigit, Om Denny, Om Sugi, Om Damar dan Juniornya, Om Wisnu                                               
                                         @ Rodex: Om Gita, Om Yuyut 
    Trip Summary:
     
    1. Berangkat dari Cibubur pk. 05.30, konsolidasi tunggu tim yang lain di Rest Area Sentul Pk. 06..00. Pk. 06.15 menuju Lido, sampai pk. 07.00. Sarapan dulu dan rakit sepeda sambil ngobrol-ngobrol dgn tim dari Tangerang yg baru saja datang. Start pukul 08.00 menuju Bodogol.
         
        1. Jalur diawali rute nanjak konblok yang sangat nyaman digowes sejauh 4km sampai dengan perbatasan desa, lalu memasuki jalur desa dgn kombinasi macadam dan jalan tanah, sampailah pada rest area pertama, di tebing dengan pemandangan Gunung Pangrango di sisi kiri dan Gunung Gede di sisi kanan. Hal yang tidak pernah di jumpai di Jakarta tentunya. Jadi waktunya foto-foto dulu:
             
                                   Break di Punggung Gunung               View dari single track menuju Bodogol
            1. Jalur dilanjutkan dengan single track menyusuri tebing menuju pintu masuk Hutan Konservasi Bodogol . Ada beberapa tanjakan mini, dan karena hujan yg mengguyur semalam, jadi cukup licin dan nyemek-nyemek asyik. Tapi bagusnya karena bukan tanah lempung tidak ada pabrik donat disini… nyaman…..
            2. Masuk hutan Bodogol di sambut oleh suara Owa Jawa yg khas, spontan rombongan menyahut dgn suara saudaranya Owa Jawa… Auauauau Auaooo…. Pokoknya rame... Owa Jawanya sampai diam sejenak…bingung kali ya… he3x… Jalur yg disajikan adalah jalan macadam dengan dilapisi lumut abadi (karena tebalnya hutan) dan hawa dingin yg mulai terasa (padahal sdh jam 9 pagi lho).
                 
                1. Diperjalanan bertemu rombongan Telkomsel yg putus rante, untung tim kita bawa tools dan ada mekaniknya, jadi Tim Telkomsel bisa kembali melanjutkan perjalanan, meskipun harus berkurang satu gear-nya, mendingan daripada harus TTB sampai turun ke Lido… ampuuun deeh… J
                    Tim Telkomsel ini Tim paling sakti, personil 10 orang,  90% newbie, malah ada yg sepedanya baru 1 malem (yg putus rantenya, makanya dia mau klaim ke United), 80% pakai sepeda kota dgn ban slick, dan 1 orang bawa seli ELEMENT. Yang pakai Helm cuma 50%, Ada satu goweser cewek expat, dan dia pake sepeda fixie, tanpa helm lagi… super ampuuun….
                                            Permisi Om Simpati…                      Bantuin sambung rante UNITED ROXX baru
                    1. Pk. 9.15 sampai kantor Hutan Konservasi Bodogol dan langsung menyerbu kantin, karena antisipasi rombongan Telkomsel dan rombongan Tangerang yg menyusul di belakang. Sekedar info, kantin yg ada tidak seperti Warung Oncom, Warung Mang Ade, ataupun warung2 normal lainnya, ini lebih ke Posko Penjaga Hutan yg Cuma ada 1 kompor, 1 panci, dan 1 ceret. Jadi kalau gak buru2 pesan, bakalan lama antrinya. Karena tim sdh sarapan di bawah, jadi Cuma pesan teh panas sebagai penghilang dahaga, penambah tenaga dan penghangat tubuh. Tidak lama hujan gunung dan kabutnya pun turun…. Brrrr makin dingin…. Bulan Juni yg harusnya sdh kemarau ternyata masih diguyur hujan dan jam 10 pagi terasa jam 6 pagi diatas hutan Bodogol.
                         
                                                Berjuang menuju Puncak                View dari Pendopo Kantor Konservasi
                        1. Pk. 10.30 ketika hujan mulai reda dan badan sudah cukup hangat dari minum teh manis yang tak ternilai harganya, tim memutuskan untuk gowes kembali, sebelum tim-tim lain berangkat.
                              
                            1. Track DH diawali setelah menanjak sedikit dari kantor menuju penginapan Bodogol, trek DH ini berupa single track diantara hutan pinus yg lebat dan lembab. Jadi trek relative basah tapi tidak licin karena banyak terdapat gugran daun pinus yg menutupi trek, sangat eksotis deh. Mulai seat post diturunkan dan rem di cek keampuhannya, jangan coba-coba pake VBrake ya Oms….
                                Menurut Om Sugi, yg sdh pengalam gowes ke Cikole, track DH Bodogol ternayta lebih panjang dari trek di Jayagiri dan lebih asri krn tidak ada motor trail yg lewat. Jadi gak usah jauh2 ke Cikole-Jayagiri, cukup ke Lido saja… J
                                 
                                                      Jalur DH dengan akar-akar pinusnya          Antri turun jalur drop off
                                1. Bagi penyuka DH bisa ngebut disini, tp hati-hati banyak akar pohon melintang dan beberapa drop off yg bisa sampai 70cm kebawah.
                                2. Trek DH dilalui dgn santai karena banyak berhenti foto-foto dan banyak kejadian ngesot di turunan… maklumlah sebagian besar sepeda XC, jadi bobot ekornya kurang dan ketika ketemu turunan curam nan licin, ada kecenderungan tail spin yg apabila tidak dijaga keseimbangannya akan mengakibatkan JATUH
                                    Lembah tujuan…
                                     
                                    Sampel turunan ngesot…(lihat background lembah dibawah)
                                    1. Trek DH berakhir di ujung hutan pinus, mulai masuk ladang masyarakat dan terlihat kembali pemandangan hutan dan bukit.
                                         
                                                         Hore Lulus UAN…..                                                Tunggangan yg lelah dan dekil….
                                        1. Selesai trek Dh masuk rute jalan desa sekitar 5 km dengan beberapa tanjakan ringan, dan finish di Lido Lakes pk. 13.00.
                                        2. Setelah istirahat, makan siang, sholat dan cuci sepeda, pk. 2 sore sdh meluncur kembali ke JKT.
                                        Reported by Sigit Priambodo CCC

                                        3 comments:

                                        1. suedeppp tenan pemandangannya...ciamik...thanks Om Sigit utk reportasenya

                                          ReplyDelete
                                        2. wuidiiiih.....nyesel gak bisa ikutan...:(
                                          ciamik Om Sigit !!!

                                          ReplyDelete
                                        3. Saya tuh yg pake seli, seli elemeny pipiyo 16" warna putih kan, pk baju merah tulisannya Telkomsel - Simpati

                                          ReplyDelete

                                        Halo Gowesers! silahkan berkomentar di sini, kami tunggu komentar dan tanggapannya atas kisah/update/posting/cerita di atas