Friday, July 16, 2010

Sebex - Bersama Tim DH C3

   

Waktu               : 09.00 - 14.00

Lokasi              : Sebex MTB Bike Park, Gunung Pancar, Sentul, Bogor
Jenis Track    : DH
Panjang           : Lebih kurang 3 km
Peserta            : Febby, Anto Radal, Anto Lucky 7, Donny Brema, Rudy Alex, Arief Arsya, Agung, Jamaludin, Andi, Adi Hagnyosaroyo (3 nama terakhir adalah para guru) dan beberapa temen dari goweser UI (3 orang, Ronald dan kawan-kawan).
Sekilas tentang Track Sebex:


Track Sebex adalah salah satu Track DH yang cukup tehnikal, sehingga cocok dijadikan tempat latihan skill bersepeda. Dengan panjang kira-kita 3 km dan berisi banyak drop dan berm tapi yang yang paling mengasyikkan adalah: semua ada chicken line nya. Secara umum, track saya bisa bagi menjadi 2, yang pertama adalah dari titik start sampai dengan separuh jalan (di batasi dengan jalan, kita harus sebrangi) di dominasi drop dan turunan yang cukup curam dan berbatu-batu sehingga cukup berbahaya. Kemudian bagian kedua adalah sesudah menyeberang jalan sampai finish, didominasi single track dan beberapa drop tetapi tidak terlalu tinggi dan root section dan pada musim-musim sekarang ini agak berlumpur sehingga licin. Saya pribadi seneng track ini karena dekat dari Jakarta dan sebagai nubie, di track ini kita bisa ketemu banyak nubie juga sehingga meingkatkan pede kita.
Arah Lokasi: 
Secara kasar lokasi bisa di tempuh melalui 2 jalan utama. Dari arah Jakarta masuk ke Jagorawi menuju Bogor. Jalur pertama adalah melalui exit Sirkuit Sentul, kita belok kiri (ke arah sirkuit) kemudian ke kanan terus saja mengikuti jalan kira-kira 6-7 km sampai ketemu persimpangan dimana akan kita temui papan petunjuk arah menuju "Gunung Pancar" kita tinggal ikuti saja. Yang kedua adalah melalui exit Sentul City/ Bogor Outer Ring Road, setelah exit tol, kita ke kiri arah Sentul City, kemudian kita ambil arah Terminal Sentul/ Sekolah Pelita Harapan, terus saja kira-kira 3 km kita akan ketemu persimpangan yang ada papan penunjuk nya "Gunung Pancar" tinggal ikuti saja. Setelah persimpangan ini jalan sedikit rusak kira-kira sepanjang 5 km (sampai kita ketemu Masjid Mike Black) sesudah itu jalan bagus sampai lokasi.
Biaya : 
Diluar Biaya Tol, ada uang Pembangunan desa Rp. 2,000/ mobil (dipungut kira-kira 3 km sebelum lokasi), dan biaya masuk Komplek Hutan Wisata Gunung Pancar 1 mobil+1 orang+1 sepeda=Rp. 9,000). Sesudah kita bermain, akan ada biaya penggunaan fasilitas Sebex (Pick Up antar jemput, track) Rp. 30,000 - Rp. 35,000/ orang (tergantung banyaknya orang yang hadir).
Di track ini juga terdapat warung untuk makan siang, kamar mandi (ala kadarnya) dan jasa mencuci sepeda (Rp. 10,000/ sepeda)
Sekilas Acara kemarin:
Gowes di mulai jam 9.15, trip 1 yaitu rolling (bersepeda menyusuri track untuk survey jalur), speed tidak terlalu kencang dipimpin Om Jamal diikuti seluruh peserta kecuali saya (baru dateng); Om Adi (belum dateng) dan Om Arief Arsya (rencana berniat jadi fotografer aja..). YAng jadi point penting dari rolling ini adalah seluruh goweser bisa melihat jalur yang akan di lalui, meilhat titik-titik rintangan dimana masing-masing bisa mengukur diri untuk melewati rintangan itu atau memilih jalur chicken way. Semua berjalan lancar dan menyenangkan. Rolling bisa dilakukan beberapa kali atau bahkan kita rolling terus. Sampai dengan jam 12.00 (jam istirahat sampai dengan jam 13.00) seluruh peserta sudah 3 trip rolling dan makin cepet, peserta mulai menemukan ritme gowes. Pada 3 trip pertama ini terjadi insiden kecil di mana Om Anto Lucky 7 kempes ban belakang, kemungkinan jebol waktu lewat drop off, untungnya Om Anto Lucky 7 bawa spare wheelset, alhasil cuma plug and play saja langsung bisa buat main lagi. Di sesi ini Om Jamal dan Om Andi sudah bagi-bagi ilmu untuk riding position yang tepat dan aman, sehingga tidak ada insiden apapun kecuali bocornya ban Om Anto Lucky 7 aja. Om Arief Arsya yang tadinya niat jadi fotografer akhirnya tergiur juga untuk mencoba, dan dalam waktu dekat mungkin harus ganti sepeda yang spek FR/ DH karena beliau ternyata sangat enjoy..
Jam 13.00, kita mulai lagi, pada sesi ini sekaligus sesi uji coba. Di Sesi ini, Om Adi juga sudah hadir sehingga lengkap sudah gurunya, Om Jamal, Om Andi dan om Adi. Rolling sudah lebih cepat dan sudah mulai hajar Drop Off. Pada Trip ke 4 ini terjadi insiden dimana Om Donny Brema sempet terjatuh pada Drop Off yang pertama (dekat lokasi start), di Drop Off ini pula pada hari Sabtu minggu sebelumnya (tgl 3 Juli 2010) Om Anto juga terjatuh, tetapi karena memang Om Donny sudah siap sedia baik mental maupun safety gearnya...tetap nggak masalah, cuma jersey Race Face baru nya terpaksa harus robek...he he he. Pada Trip ini Om Rudy Alex, Om Arief Arsya dan om Donny Brema tidak ikut. Trip ke 5 Tidak ada masalah. Sesudah trip ke 5, kira-kira jam 14.00; para peserta bersepakat untuk berhenti (karena meskipun jalannya turun terus, seluruh peserta ngos-ngosan juga + gobyoss), tetapi beberapa peserta private lesson dengan Om Adi, Om Jamal dan Om Andi untuk belajar drop off. Salut untuk Om Anto yang sukses menyelesaikan training dan sepertinya minggu depan sudah siap lumpat-lumpat.
Secara umum peserta cukup puas dan ketagihan, terbukti sudah ada wacana ke Sebex lagi hari Rabu 14 Juli 2010..bagi Oms yang berminat atau pengin mencoba DH, silakan bergabung (saya sudah bergabung dan memang sangat menyenangkan), mengutip ucapan Om Ario (pemilik Adrenaline Bike, partner om Rudi Ogel yang dedengkotnya Sebex): nikmatnya main DH adalah karena, fun nya bisa di ulang-ulang terus.. 
Demikian ulasan singkat, semoga bisa sedikit memberi gambaran tentang project Sebex 11 Juli 2010.
Salam Adrenaline Fun,
Agung Suparto CCC

2 comments:

  1. Keren om Agung....

    ReplyDelete
  2. saya tinggal di sentul nih....minat juga ma mtb jadi klo ad acara kayak gini lagi di sana sharing2 ya...nie no saya 081908416823...sepeda saya wimcyle hotrod 2.0 warna hitam...

    ReplyDelete

Halo Gowesers! silahkan berkomentar di sini, kami tunggu komentar dan tanggapannya atas kisah/update/posting/cerita di atas