Tuesday, July 19, 2011

Reportase Jumpa Komunitas Goweser (JKG) Cibubur Cycling Community (C3) III, 17 Juli 2011


Dear sahabat gowes Cibubur Cycling Community (C3),
IMG_0260Akhirnya acara Jumpa Komunitas Goweser (JKG) C3 yang ke-3 dapat terlaksana dengan sukses pada hari Minggu tanggal 17 Juli 2011 yang lalu. Acara JKG adalah acara rutin C3 yang dilaksanakan tiap tahun sebagai wadah untuk saling bersilaturahmi antara tiap komunitas sepeda di seputaran Cibubur pada khususnya dan komunitas goweser Jabodetabek pada umumnya.
Sudah cukup lama sahabat goweser C3 tidak bertemu muka dan bertegur sapa satu sama lain di dalam wadah Keluarga Besar Cibubur Cycling Community (C3). Terakhir kali sahabat gowes C3 bertemu pada saat Gowes Bareng Mandiri Citra Gran pada tanggal 19 Juni 2010, dan sebelumnya pada Jumpa Komunitas Goweser Ke-2 di Bukit Golf pada tanggal 7 Maret 2010.
Perhelatan Jumpa Komunitas Goweser yang lalu sungguh memberikan kesan yang mendalam bagi sahabat gowes C3, dimana semakin banyak goweser dari tiap Chapter dan Komunitas mengenal satu sama lain. Kegembiraan dan rasa persahabatan itulah yang menambah kerinduan untuk berkumpul kembali. C3 pun menyadari bahwasanya saat ini begitu banyak bertambah rekan-rekan yang mencintai Gowes dan bergabung dengan C3. Dipertemuan yang lalu C3 sudah pernah berkumpul sebanyak 450 goweser di JKG 1, 800 goweser di JKG 2, dan 2000 goweser di Gowes Bareng Mandiri. Sungguh luar biasa banyaknya goweser diseputaran Cibubur.
Hal ini tidaklah lepas dari perkembangan aktifitas olahraga bersepeda yang ‘booming’ dimana-mana. Diseputaran Cibubur saja sudah sangat banyak komunitas sepeda di tiap-tiap perumahan.
Dengan adanya kerinduan yang kuat untuk kembali berkumpul dan bersilaturahmi, dan juga dengan adanya ajakan gowes persahabatan yang disampaikan oleh rekan-rekan goweser Alumni AKABRI Angkatan 87 yang ingin juga bergabung dan mensukseskan acara ini, maka C3 kembali mengadakan acara JKG III pada hari Minggu 17 Juli 2011.
Sebagai informasi bagi sahabat gowes C3 sekalian, persiapan acara ini dilaksanakan sejak 1,5 bulan yang lalu yang ditandai dengan terbentuknya kepanitiaan acara ini. Berikut ini adalah susunan kepanitaan tersebut:
Jabatan
Nama
Asal Komunitas
Penasihat
-Santoso
-Jaya Mahe
- Suyono Thamrin
- Jaya Mahe
- Eddy Susanto
- The Address
Ketua Panitia
- Dadang Marta (Damar)
- Citra Gran
Wakil Ketua 1
- Anang Sutarto
- Taman Radiant
Wakil Ketua 2
- Mada Pudjangga
- Legenda Wisata
Sekertaris
- Temmy
- Bukit Golf
- Prihandoko
- The Address
Bendahara
- Achmad Yani
- Raffles Hills
- Asep Hilman
- Citra Gran
- Rudy Rau
- Bukit golf
Humas
- Irfan
- Kranggan
- Sigit Priambodo
- Kranggan Permai
Acara
- Dodo Abdullah
- Citra Gran
- Adjie
- Taman Mahogany
- Dony Brema
- Taman Mahogany
Sponsorship
- Slamet Hidayat
- Bukit Golf
- Febby Koespradono
- The Address
-Efriadi
- Citra Gran
- Dito
- Permata Puri Laguna
- Agung Suparto
- Bukit Golf
-Syawal
- Puri Sriwedari
- Achmad Alijanto
-
- Taufik Nur Hidayat
- Kota Wisata
- Yungky
- Citra Gran
- Anto
- Citra Gran
Design Graphics
- Trudy 
- Citra Gran
- Rudy Brindil
-Cibubur
Koordinator Undangan
- Cipto
- Citra Gran
- Herry
-Jatijajar
- Herry
- Mahogany
- Yogaswara
- Kota Wisata
- Achmad Rianto
- Kranggan
Jalur
- Tumpas
- Jalur Tanah
- John
-Kebayunan
- Iwan
- Jalur Tanah
- Taufik
- DEPPEN
- Henry Syafaat
- Citra Gran
Konsumsi
- Uwi Martono
- Citra Gran
- Paseh
- Jaya Mahe
- Atep
- Jaya Mahe
Perlengkapan
- Freddy
- Bukit Golf
- Joko / Joebadung
-The Address
- Tanto
-Kalimanggis
- Febby Fauzan
- Bukit Golf
- Isa Jaya
- Citra Gran
- Ismail
- The Address
Publikasi
- Panji
- Bukit Golf
- Benny Ginanjar
- The Address
Keamanan
- Sriyanto
- Jaya Mahe
- Katili
- Jaya Mahe
Kesehatan
- Yulizar
- Citra Gran
- Bagus
-Jaya Mahe
- Hariadi
- Jaya Mahe
- Purwanto
-The Address
Bazaar
- Galih Indrasna
- Raffles Hills
- Tio Suyanto
- Jati Sari
- Teuku Adriansyah
- The Address
- Bimo Kartiko
- Citra Gran
- Joe Jayen
- Giant Bike
Door Prize
- Eddy Lumele
- Mahogany
- Aris
- Kota Wisata
- Roy
-Citra Gran
Dokumentasi
- Anto Radal
- Puri Sriwedari
- Agus  4 x 4
- Citra Gran
-Achmad Alijanto
Teman-teman di kepanitiaan biasanya berkumpul setiap 2 kali seminggu di kediaman Om Tanto di Villa Punto Ultimo dan di Bakmi Golek Cibubur untuk membahas perencanaan acara ini.
Acara JKG III kali ini mendapat kerjasama sponsorship dari sebuah produsen sepeda (Wim Cycle), dari beberapa produk minuman (02, Coca Cola, Milo), perusahaan telekomunikasi (Telkomsel), perusahaan percetakan banner (Big Banner), toko-toko sepeda (Giant Cibubur, Kamurang Bike,Oki Bike), sumbangan dari Accu Yuasa, sumbangan dari PT. Palawira Jaya (Om Ahem), serta dari sekian banyak perusahaan dan lembaga usaha yang sudah sejak lama mendukung kegiatan Cibubur Cycling Community.
Komunitas Indonesia Hijau yang diketuai oleh Bp. Ir. Bambang Hendroyono MM menyumbang 1000 bibit tanaman yang akan ditanam di sekitar daerah Cibubur, Cikeas, Leuwinanggung.
Balai Budi Daya Perikanan (BBPAT) Sukabumi dan Kelompok Usaha Amanah Jatiluhur menyumbang sebanyak 52.000 benih ikan untuk ditebar di danau di dekat jalur gowes. Ini adalah atas usaha Om Ervan dan Om Yogasmara dari Chapter Legenda Wisata.
C3 juga mendapat dukungan dari tiap chapter yang bernaung dibawahnya dengan menyumbang sejumlah uang dan barang-barang sebagai hadiah untuk lucky draw.
Kali ini juga C3 mendapat bantuan pengawalan oleh satuan Polairud berupa pengawalan berupa helicopter patrol yang mengawal dari udara para goweser di jalur offroad. Mungkin baru kali ini ada acara Funbike yang dikawal oleh Halikopter dari udara.
3 buah ambulance lengkap dengan paramedisnya dari Komunitas Jayamahe, dan dari RS Hermina juga membantu menyukseskan acara ini.
Bakmi Golek Cibubur yang dimotori Om Hendry dan Om Gema juga menyumbang makanan khasnya utk para peserta JKG.
Pengamanan dari 25 personel Polres Depok serta dari Provost AL, dan juga penjagaan parkir sepeda oleh Karang Taruna Desa Leuwinanggung membuat suasana acara berjalan dengan tertib dan aman.
Tidak lupa juga adanya perhatian dan sumbangan dari Perum The Address selaku tuan rumah yang sudah menyediakan lapangan terbuka di perumahan ini sebagai tempat berlangsungnya acara.
C3 bekerjasama dengan hampir seluruh toko sepeda yang ada di Cibubur untuk menyebarkan dan menjual tiket acara.
Team evakuasi di jalur offroad dibantu oleh sahabat C3 dari komunitas motor trail yang dipimpin oleh Om Razak dan Om Ikin.
Dan yang juga special dari acara kali ini adalah Bapak Walikota Depok Bp. DR. Ir. Nurmahmudi Ismail, MSc berkenan hadir untuk mendukung acara ini
-----------------------------------
Rangkaian acara JKG III ini dimulai pukul 06.30 WIB dengan pendaftaran ulang dan pendaftaran baru bagi peserta yag ‘Go Show’ atau tidak membeli tiket sebelumnya di tempat yang sudah ditentukan. Kali ini pembelian tiket Go Show dibatasi hanya sebanyak 150 tiket mengingat target jumlah peserta kali ini adalah sebanyak 1000 peserta. Sebelumnya sudah terkumpul sebanyak 850 peserta dari Chapter-Chapter dan dari penjualan tiket. Pada pukul 07.30 WIB penjualan tiket sudah habis dan panitia mempersilahkan para pendaftar yang tidak kebagian tiket untuk tetap mengikuti acara meski tidak mendapat kesempatan lucky draw dan makanan.
Setelah para peserta mendaftar ulang kemudian mereka berkumpul di depan tenda acara, dan berikut ini aalah rangkaian acaranya yang dipandu oleh MC. Cheria Vasti dan MC. Margianto
·         Pembukaan oleh Ketua Panitia : Om Dadang Marta (Damar)
·         Sambutan Ketua umum C3 : Om Eddy Susanto
·         Sambutan ketua Komunitas Indonesia Hijau : Bp. Ir. Bambang
·         Sambutan dari Walikota Depok : Bp. Dr. Ir. Nurmahmudi Ismail MSc. Yang menyetujui secara prinsip untuk menjadikan daerah Cibubur-Depok sebagai kota bersepeda.
·         Penyerahan secara simbolik 1000 bibit tanaman dari Ketua Komunitas Indonesia Hijau kepada Lurah Leuwinanggung
·         Penyerahan 52.000 bibit ikan Nila kepada Camat Tapos
·         Penanaman tanaman di lokasi yang sudah disiapkan
Pada pukul 08.00 WIB peserta line up dan start gowes dengan diawali pengibaran bendera start oleh Walikota Depok
Gowes off road sejauh 20 Km, jalur yang ditempuh adalah Perum Address-Belakang Perum Citra Gran-Jembatn Daster Biru-Tanjakan Lipstick-Gerbang Pusat Pelatihan Polri-Blue Sky-Ladang Lengkoas-Kampung Sanding-Perum Bukit Golf-Warung Oncom-Pinggir Tol Jagorawi-Terowongan tol-turunan Shell-Wahana-Pintu Tol Cimanggis-kembali melipir tol-Warung Pindang Gabus-ke arah rumah Iwan Fals-Finis di Perum Address.
Sahabat goweser Komunitas Jalan Tanah kali ini bertugas menjadi marshal dan penjaga jalur gowes dibantu oleh team Jayamahe.
Kali ini Panitia mengerahkan 5 motor trail yang bertugas menjadi team evakuasi dan sweeper utama
Tanda-tanda arah berwarna kuning sebelumnya sudah dipasang disepanjang jalur dan sangat membantu kelancaran gowes off road ini
Helikopter menjadi pembeda di acara ini dengan bertindak menjadi sweeper seluruh jalur gowes dan memantau dari udara.
Kondisi jalur pada hari itu sangat baik, meski diguyur hujan malam sebelumnya namun secara umum tidak becek dan hampir kering sehingga jalur tidak berdebu.
Suasana dan kondisi para peserta ketika mengikuti gowes offroad ini pada umumnya sangat ceria terlihat dengan senyum dan gelak tawa disertai dengan perjuangan mengayuh pedal sejauh 20 km. Ada banyak jenis sepeda yang turut serta dari mulai sepeda lipat, sepeda balap dan tentunya 90%nya adalah sepeda MTB.
Usia peserta yang ikut juga rentangnya sangat panjang yakni dari usia 7 tahun sampai dengan 78 tahun. Mbah Roto berusia 76 th dan Aki Umar berusia 78 th.
Setelah sebelumnya di acara pembukaan dilakukan penyerahan benih ikan oleh Bp Walikota kepada Camat Tapos, kemudian Penebaran benih ikan di lakukan di danau dekat jalur gowes. Penebaran benih dilakukan oleh goweser yang sedng melintasi jalur disamping danau itu. Pada saat menebar benih ini bersama masyarakat setempat, masyarakat sangat senang sekali dan itu tergambar dari raut wajah dan senyum mereka, dan tidak henti-hentinya menreka mengucapkan terima kasih dan rasa syukur mereka. Sebuah pengalaman yang mengharukan.
Lamanya gowes Offroad adalah 1 jam 30 menit – 2 jam, dan itu sudah cukup membuat sahabat goweser keringatnya bercucuran. Kemudian satu persatu goweser memasuki kembali lokasi acara. Sepeda lantas diparkir ditempat yang sudah disediakan oleh panita. Untuk keperluan keamanan sepeda panitia menerapkan penggunaan gelang identifikasi yang dipasangkan di lengan goweser dan di sepeda. Nomor identifikasi baik yang dilengan dan di sepeda adalah sama dan tidak mungkin tertukar oleh yang lain. Bike parking area ini dijaga oleh para pemuda karang taruna desa Leuwinanggung. Lagi-lagi ini adalah wujud kerjasama yang sangat baik antara goweser dan rekan-rekan muda tersebut.
Setelah memarkir sepedanya, goweser lantas menukar kupon makannya dengan sekotak bakmi golek yang lezat dengan ditemani minuman yang beraneka ragam. Sambil menyantap makanannya, goweser dihibur oleh Organ tunggal dan penyanyinya yang menyanyikan lagu-lagu bersemangat nan indah…(seindah penyanyinya…ups).
Coaching Clinic selalu menjadi bagian acara JKG, dan kali ini Coaching Clinic adalah tentang teknik Downhill yang dipandu oleh Atlet Downhiller dari Jakarta Downhiller Community (JDC) yakni Om Rudi Ogel, dan dibantu oleh atler DH C3 Om Feby Kuspradono.
Lantas ada acara games yang sangat seru yakni lomba bersepeda lambat, yaitu lomba adu lambat, barang siapa yang menyentuh garis finish paling akhir dialah pemenangnya.
Juga games berikutnya yang sangat seru adalah sepak bola dengan bersepeda, dan kali ini ini yang bertanding adalah Team Alumni AKABRI 87 melawan Team C3…seru sekali dan mereka bertanding bak Barcelona melawan real Madrid…(welehhhh…..lebaydotkom)
Kemudian dimulailah acara pembagian lucky draw. Hsdiah yang dibagikan adalah sebagai berikut:
·         17 sepeda yang terdiri dari sepeda MTB, sepeda Seli, sepeda Fixie, dan sepeda Mini
·         Alat-alat rumah tangga: Kulkas, 2 unit TV LCD, kipas angin, AC, setrika, dan lain-lain sebanyak hampir 100 item
 
Banyak kesan menyenangkan yang disampaikan oleh para sahabat goweser disertai dengan harapan tahun depan harus diadakan acara serupa sebagai wadah pemersatu seluruh komunitas gowes di Cibubur, Jabodetabek, dan sekitarnya….Aminnn…Semoga!
 
Oh ya, acara JKG III ini diliput oleh media :
o   Talkshow di Radio Delta FM 99.1 tgl 13 Juli pukul 17.00-18.00 WIB
o   Talkshow di Radio Jayamahe 107.9 FM tgl 14 Juli 2011 Pukul 17.00-18.00 WIB
o   Liputan dari stasiun TV JackTV
o   Informasi tentang acara ini oleh Radio Pro 2 FM
o   Beberapa majalah sepeda
o   Beberapa majalah lain: Addinfo Cibubur
C3 juga kedatangan tamu istimewa yakni Om Bayu “Leglock” Jatnika sang ketua Patrol Owner Club (POC) dan rekannya Om Nathan yang sudah jauh-jauh datang dari kawasan JPG…terima kasih om sudah berkenan hadir.
Dikesempatan ini kami seluruh Panitia dan Pengurus Cibubur Cycling Community menyampaikan penghargaan dan terima kasih kami yang setinggi-tingginya kepada para sesepuh C3, seluruh Chapter, seluruh sahabat Komunitas Gowes, Sahabat Goweser, sponsor, para donator, Karang Taruna, Aparat Kepolisian dan Provost, Aparat Pemerintah dari Kelurahan, Kecamatan, sampai Kotamadya, dan juga seluruh lapisan masyarakat yang sangat mendukung acara ini.
Semoga acara ini semakin meningkatkan rasa persaudaraan diantara sesama goweser dan kecintaan kita terhadap olah raga bersepeda, menyemaikan kecintaan terhadap Indonesia yang hijau dan mendekatkan kita dengan lingkungan sekitar.
Kami juga menghaturkan permohonan maaf bila pada acara ini banyak hal yang kurang berkenan di hati Om dan Tante sekalian. Semoga tahun depan acara JKG IV dan seterusnya bisa dilaksanakan dengan semakin baik.
 
Salam Gowes dan Salam Kompak
Cibubur Cycling Community

Foto-foto Acara:    

2 comments:

  1. terus terang agak sulit mencari kekurangan (utk bahan perbaikan di event mendatang). salut buat panitia yg rapi dalam eksekusi, hadiah melimpah dan peserta membludak (walaupun ada biaya registrasi tp nilainya tdk.material). sy sendiri sbg nubie yg tinggal "agak jauh" dari Cibubur sudah lama merindukan acara spt ini setelah euphoria funbike bbrp tahun silam yg lebih banyak main di trek aman alias cityroad.

    ReplyDelete
  2. cool nice event , long live triple c , from me your fans (yehuda)

    ReplyDelete

Halo Gowesers! silahkan berkomentar di sini, kami tunggu komentar dan tanggapannya atas kisah/update/posting/cerita di atas